Peralatan Suntik Insulin Diabetes

Apa saja peralatan yang digunakan untuk menyuntikkan insulin?

 

Peralatan Suntik Insulin Diabetes adalah?

  • Alat suntik insulin

Ini adalah alat suntik khusus yang tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 30 unit, 50 unit, dan 100 unit. Penting untuk diingat bahwa Anda harus menggunakan ukuran alat suntik yang sesuai dengan dosis insulin anda. Sebagai contoh, jika dosis anda 40 unit dan anda menggunakan alat suntik 50 unit, anda tidak akan bisa mengukur 40 unit dengan tepat. Hindari membeli alat suntik sekali pakai dalam jumlah yang banyak, baik dari dalam maupun dari luar negeri, karena mungkin alat suntik itu tidak cocok dengan perubahan yang dibuat dalam dosis insulin setelah anda membelinya.

  • Pena Insulin

Alat ini meminimalkan ketidaknyamanan saat penyuntikan dan juga bisa meningkatkan ketepatan pemberian insulin. Pena ini berisi sebuah cartridge yang sebelumnya sudah diisi jenis insulin yang diinginkan dan memiliki sebuah jarum disposable yang bisa diganti setiap kali penyuntikan. Pada beberapa pena, anda perlu memastikan dosis yang benar dengan menekan piston berulang kali setelah jarum disuntikkan ke bagian tubuh tertentu. Setiap kali anda menekan,suatu dosis tetentu insulin disuntikkan. Pada beberapa jenis pena yang lain, Anda perlu memastikan dosis insulin yang benar sebelum menyuntik. Hal ini akan menarik piston dengan bagian yang berisikan insulin. Setelah memasukkan jarum suntik ke bagian tubuh tertentu, Anda perlu menekan piston untuk memasukkan dosis yang telah anda sesuaikan dalam pena.

 

Jika jarumnya dibiarkan pada pena sebelum penyuntikan berikutnya, udara bisa memasuki bagian pena yang berisi insulin. Hal ini dapat memperlambat penghantaran dosisnya, dan akibatnya dapat menyebabkan pemborosan insulin setelah jarumnya ditarik. Karenanya, penting bagi anda untuk mempelajari teknik yang benar untuk menggunkan pena dari dokter anda.

  • Alat Suntik Jet

Peralatan ini dirancang untuk mengeluarkan insulin dalam bentuk semprotan tetes-tetes kecil cairan dalam tekanan yang sangat tinggi sehingga tetes-tetes kecil ini memasuki kulit. Peralatan ini tidak terlalu populer karena penyerapan insulin ke dalam tubuh mungkin tidak selalu seragam. Alat ini juga bisa menyebabkan memar pada bagian tubuh yang disuntik.

  • Terapi Pompa insulin eksternal

Suatu pompa insulin potabel adalah metode alternatif untuk menyuntikkan insulin yang memungkinkan pemberian dosis insulin antar (internediate) kapan pun dalan satu hari atau untuk mempersiapkan program perubahan kadar pemberian insulin dalam satu hari. Alat ini memiliki suatu pompa portable kecil dengan suatu set infus yang berakhir pada sebuah jarum atau kanula. Infus berarti penyuntikan cairan secara lambat ke dalam pembuluh vena atau ke bawah kulit. Kanula adalah suatu tabung berlubang yang dirancang untuk memasuki ruang dalam tubuh, seperti pembuluh darah. Jarum atau kanula diletakkan dibawah kulit dan diganti sekali setiap 24 jam atau 72 jam.

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari terapi pompa insulin eksternal, anda perlu melakukan pemantauan diri terhadap Kadar Gula Darah sebanyak beberapa kali sehari, lalu membuat penyesuaian terhadap dosis insulin seperti yang dianjurkan oleh dokter anda.

Manfaat utama dari terapi pompa insulin eksternal adalah fleksibilitas yang lebih baik dalam menyesuaikan insulin dengan berbagai variasi di dalam jadwal anda. Hal ini juga membantu melaksanakan perubahan yang dibutuhkan dalam hal Kadar pemberian insulin kapan pun, terutama di antara waktu-waktu makan. Kelemahan utama dari pompa insulin eksternal adalah kemungkinan infeksi pada lokasi infus. Ada risiko lebih tinggi bagi terjadinya ketoasidosis karena gangguan pada aliran insulin.

  • Terapi pompa insulin yang ditanam

Pada opsi ini, pompa kecil kyang bisa dikontrol dari luar diletakkan di dalam perut. Insulin dilepaskan ke dalam ruang di sekitar organ sistem pencernaan di dalam perut. Insulin yang dilepaskan lalu diserap secara langsung ke berbagai organ. Metode ini kelihatannya mengurangi risiko kadar gula darah yang rendah sambil mencoba untuk mempertahankan Kadar Gula Darah yang normal sepanjang hari. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan sebelum teknik ini bisa direkomendasikan untuk mengendalikan diabetes.

  • Membuang alat suntik dan jarum

Sangat dianjurkan agar anda mengumpulkan alat suntik dan jarum bekas di dalam wadah khusus bagi benda-benda tajam. Kapan saja anda mengunjungi rumah sakit besar, mintalah seseorang yang menangani sampah untuk membuang alat suntik dan jarum anda bersama sampah rumah sakit. Pembuangan alat suntik dan jarum yang tidak tepat bisa berbahaya bagi mereka yang menanganinya di tempat-tempat pembuangan sampah umum.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alat Cek Gula Darah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>